Home » , , , , , , , , , , » proposal wakaf kolektif 2011

proposal wakaf kolektif 2011

Written By mi miftahul huda sumberejo 01 on Jumat, 19 Agustus 2011 | 17.13


PENGURUS
MI MIFTAHUL HUDA – RA NURUL HUDA SUMBEREJO 01
Dsn. Krajan Kidul Ds. Sumberejo Kec. Pabelan Kab. Semarang
Kontak Person : 085 741 474 784, 085 640 491 648, 087 863 287 559
 

PROPOSAL KEGIATAN
PENGADAAN TANAH WAKAF KOLEKTIF
MI MIFTAHUL HUDA – RA NURUL HUDA SUMBEREJO 01
TAHUN 2011

I.        DASAR PEMIKIRAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negaranya”. Demikian pengertian pendidikan yang tertera dalam BAB I Pasal 1 UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.
Pengertian pendidikan sebagaimana termaktub di atas, menyiratkan berbagai tujuan Pendidikan Nasional Indonesia. Tujuan yang mulia ini sangat relevan dengan tujuan Pendidikan Islam, yaitu membentuk insan kamil yang taat dan senantiasa mengabdikan dirinya kepada Allah SWT, dalam setiap gerak dan perilaku hidupnya.
MI Miftahul Huda dan RA Nurul Huda Sumberejo 01 sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Islam di wilayah Kecamatan Pabelan Kab. Semarang turut merasa bertanggung jawab untuk mewujudkan generasi-generasi Islam yang benar-benar mampu mengaplikasikan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam tentu menjadi pondasi untuk mewujudkan generasi ini.
Sejak berdirinya, Madrasah yang semakin diminati oleh sebagian besar masyarakat Islam di wilayah Desa Sumberejo dan sekitarnya ini telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan desanya. Ini dibuktikan dengan banyaknya kader-kader Madrasah yang turut mewarnai pembangunan desa, baik kebijakan maupun pelaksanaannya. Dalam perkembangan dakwah Islam, madrasah yang didirikan tahun 1975 ini benar-benar telah melahirkan kader-kader dakwah yang sangat berperan dalam perkembangan Islam di desa Sumberejo dan sekitarnya.
Seiring dengan perkembangan dan kemajuan masa, madrasah yang sangat dekat dengan lingkungan ini, senantiasa menawarkan inovasi pendidikan dengan berbagai programnya, tanpa meninggalkan kearifan lokal dan tradisi salafus sholih. Dengan demikian diharapkan madrasah yang dikelola oleh para akademisi perguruan tinggi dan pesantren ini mampu mempersiapkan kader-kader muslim yang mampu membawa agamanya di tengah-tengah tantangan zaman yang semakin mengglobal.

Hal ini disyukuri dan disadari menjadi sebuah kelebihan madrasah, sehingga menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Bahkan peserta didik yang pada tahun 2004 masih berkisar 150-an, namun pada tahun pelajaran 2011-2012 ini  tidak kurang dari 250 siswa yang mulai tersebar di beberapa desa di wilayah Kecamatan Pabelan, Kecamatan Tengaran dan Kecamatan Suruh. Sehingga tak dapat dielakkan lagi, di tahun 2011 ini pengurus perlu berfikir keras agar apresiasi positif masyarakat  bisa bertaut tak sia-sia, dengan memberikan layanan pendidikan yang maksimal.

Yang menjadi persoalan sekaligus tantangan saat ini adalah luas lahan dan bangunan  yang semakin lama dirasakan semakin sempit, seiring dengan semakin bertambahnya peserta didik yang dipercayakan kepada madrasah.


II.      NAMA PROGRAM KEGIATAN
Dengan latar belakang dan  kondisi madrasah yang semakin menyedot perhatian masyarakat dan umat Islam khususnya, maka setelah melakukan beberapa kali koordinasi dan lobi-lobi, pengurus MI Miftahul Huda dan RA Nurul Huda Sumberejo 01 dengan senantiasa mengharap ridlo Allah dan niat jihad fii sabiilillah li-i’laa-i kalimaatillah, membuat Porgram yang kami sebut dengan nama:
PENGADAAN TANAH WAKAF KOLEKTIF
MI MIFTAHUL HUDA – RA NURUL HUDA SUMBEREJO 01 TAHUN 2011”
III.    TUJUAN
Sebagai salah satu ujung tombak dakwah Islam, maka setiap langkah inovasi yang dilakukan MI Miftahul Huda dan RA Nurul Huda Sumberejo 01 harus mengacu kepada tujuan sebagai pengendali arah, sekaligus merupakan sebuah keinginan yang akan dicapai oleh segenab pegiat pendidikan. Program ini bertujuan untuk :
1.     Mewujudkan madrasah yang berkualitas dan berdaya saing.
2.     Mewujudkan layanan pendidikan dengan sarana dan prasarana yang memadahi
3.     Menfasilitasi masyarakat untuk ber jariyah dengan wakaf kolektif
4.     Mewujudkan generasi muslim yang beriman, bertaqwa, dan tangguh dalam menghadapi tantangan zaman dan kehidupannya

IV.    WAKTU PELAKSANAAN
Dalam pelaksanaannya, program ini ditargetkan selesai dalam 2 tahap :
1.     Tahap Pembayaran.
Tahap pembayaran dimulai pada tanggal 26 Juni 2011, dan diharapkan program ini selesai 100% pada tanggal 25 Juni 2012.
2.     Tahap Sertifikasi
Pembuatan Akta Tanah Wakaf, diharapkan selesai pada 1 tahun setelah pembayaran/ pelunasan.

V.      ANGGARAN
Setelah melakukan  lobi-lobi, penghitungan dan rapat, program ini membutuhkan biaya sebesar Rp. 83.375.000, dengan rincian sbb:
1.       Pelunasan  harga tanah         (667m2)                                  : Rp.  80.000.000,-
2.       Perkiraan biaya sertifikasi dan operasional lapangan         : Rp.    3.375.000,-
Dengan anggaran  ini , maka harga tanah  plus biaya sertifikasi ditetapkan sebesar Rp 125.000,- per meter

VI.    SASARAN PROGRAM
Program ini ditujukan kepada :
1.     Anggota pengurus MI Miftahul Huda - RA Nurul Huda Sumberejo 01
2.     Wali murid MI Miftahul Huda - RA Nurul Huda Sumberejo 01
3.     Masyarakat muslim sekitar MI Miftahul Huda - RA Nurul Huda Sumberejo 01
4.     Kaum muslimin muslimat peduli Pendidikan Islam
VII. ORGANISASI PELAKSANA
Kegiatan ini di laksanakan oleh Pengurus MI Miftahul Huda - RA Nurul Huda Sumberejo 01 masa bhakti 2011-2014 dengan membentuk panitia kecil dengan susunan sebagaimana terlampir

VIII.       PENUTUP
Demikian Proposal ini dibuat untuk menjadi acuan kerja panitia sekaligus sebagai bahan pertimbangan bagi para calon waqif (donatur) dan bagi segenab fihak yang berkepentingan.  Hal-hal yang belum diatur dalam proposal ini akan ditentukan bersama melalui rapat panitia.

Dengan mengharap ridlo dan pertolongan Allah, semoga program ini bisa terlaksana sesuai yang diharapkan bersama. amiin
Dibuat di Sumberejo
Pada tanggal 1 Agustus 2011

a.n Pengurus
Ketua Panitia



M. Syukri, S.Pd.I

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pilih Background


Diberdayakan oleh Blogger.

Pilih Bahasa

 
Support : MI MH
Copyright © 2014. Sekolah Unggulan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Expert Educator