Salah satu pendekatan pembelajaran Matematika yang saat ini telah terbukti menjadi pembelajaran yang efektif adalah dengan memanfaatkan TIK sebagai perangkat bantu visualiasasi Matematika. Salah satu implementasi TIK dalam pembelajaran adalah Multimedia Pembelajaran Inovatif (MPI). MPI dapat dijadikan sebagai sebuah sarana visualisasi bagi guru dan berperan besar bagi proses pembelajaran siswa mandiri.
Sebagai salah satu upaya untuk lebih meningkatkan motivasi pembuatan materi-materi yang berkiblat pada MPI dan juga mendukung kemajuan pendidikan nasional di Indonesia. Microsoft Partner In Learning dan P4TK Matematika Yogyakarta mengadakan kompetisi inovasi pembelajaran matematika yang merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diberi nama Mathematic Innovative Competition (MATIC) dengan sasaran seluruh guru matematika di Indonesia.
Adapun tujuan dari kompetisi tersebut adalah untuk Meningkatkan kreativitas guru-guru Matematika Indonesia dalam mendesain, mengembangkan, dan mengimplementasikan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sebagai alternatif pembelajaran berbasis ICT (ICT Based Learning) yang dibuktikan kebermanfaatannya dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas.
Berikut ini laporan pemenang MATIC 2012 (MAThematic Innovation Competition 2012). Dari beberapa karya yang telah disubmisi Dewan Juri (dari PPPPTK Matematika dan Divisi Partners in Learning Microsoft Indonesia) telah memberikan penilaian, berikut kami sampaikan juara untuk masing-masing kategori.Pemenang Kategori Dasar :1. Ahmad Rifani - SD N Jawa (Kalimantan Selatan)
Judul Karya: Media Pembelajaran Keliling dan Luas Bangun Datar
Total Nilai: 1932. Marsono - SD N Brencong (Jawa Tengah)
Judul Karya: Multimedia Pembelajaran Inovatif Penjumlahan Bilangan Bulat
Total Nilai: 1843. Mohammad Safari - MI Miftahul Huda (Jawa Tengah)
Judul Karya: Cara Dahsyat Konversi Satuan Panjang
Total Nilai: 182
Pemenang Kategori Menengah:1. Rohmat Isnaini - SMK N 1 Kedawung (Jawa Tengah)
Judul Karya: Media Pembelajaran Interaktif dengan PowerPoint dan
Mouse Mischief
Total Nilai: 1912. Ibnu Fajar - SMA N 1 Pagar Alam (Sumatra Selatan)
Judul Karya: Perbandingan Trigonometri Untuk Kelas X Semester 2
Total Nilai: 1893. Tri Rusdiyono - SMA N 1 Wonosobo (Jawa Tengah)
Judul Karya: Implementasi Media Pada Pembelajaran Dimensi Tiga
Total Nilai: 186
Dewan Juri : Prof. Dr. rer.nat. Widodo, M.S. (P4TK Matematika)
· M. Tamimmudin H., M.T. (P4TK Matematika)
· Untung Trisna Suwaji, M.Si. (P4TK Matematika)
· Obert Hoseanto, M.Ed. (Microsoft Indonesia)
· Dr. Ridi Ferdiana (Universitas Gadjah Mada)
· Reynaldi, S.Si. (Sampoerna School of education)